Manfaat Buah Gambir untuk Kesehatan

Assalamu'alaikum sahabat semua. Aku ingin bertanya... .Sudah tahukah Anda yang namanya buah Gambir? Apa Manfaat buah gambir? Dari manakah asal buah Gambir? Apa buah gambir dapat dimakan? Hehehe.... Banyak banget pertanyaan yang ada di pikiran aku waktu itu. Mungkin sahabat juga ada pertanyaan yang seperti pertanyaan diatas bukan? Kalau begitu yuk,kita cari tahu lebih banyak diartikel ini! Baca sampai habis ya sahabat, supaya tidak gagal paham.

Buah Gambir berasal dari negara dan sampai di Indonesia. Nama lain buah Gambir adalah dan nama latin buah gambir ini adalah.

Buah Gambir banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Contohnya adalah untuk kekebalan tubuh manusia, untuk menambah vitalitas pria dewasa, untuk antiseptik alami bagi kesehatan mulut, untuk kesehatan dan kekuatan gigi dan gusi, untuk kesehatan rahim seorang ibu yang habis melahirkan, untuk mengecilkan atau merapatkan rahim dan vagina bagi bagi ibu yang baru melahirkan,dan lain sebagainya.

Ada pertanyaan apakah buah gambir ini dapat dimakan? Tentu saja jawabannya adalah bisa akan tetapi hanya untuk obat saja dan bukan untuk dimakan secara nyata. Jadi,harus melalui proses dahulu untuk dikonsumsi sebagai obat atau jamu tradisional.

Mengolah buah Gambir adalah sebagai berikut:

Untuk ibu ibu yang baru melahirkan sebaiknya rebus buah Gambir yang sudah di belah dengan air 5 gelas. Tambahkan daun sirih 5 lembar kalau ada tambahan buah manjakani rebus sampai air tersisa 3 gelas. Selagi masih hangat bisa dipakai buat cebok. Apabila untuk diminum biarkan dingin dahulu dan setelah dingin saring minum setengah gelas untuk pagi dan setengah gelas untuk malam hari.

Manfaat meminum ramuan tradisional ini adalah rahim menjadi kencang kembali, otot otot vagina menjadi kencang lagi,mencegah keputihan, menghilangkan rasa gatal pada bagian Miss V. Bau Miss V lebih harum.

Saya dapat resep ini dari seorang bapak yang berjualan daun sirih di pasar. Pemakaian ramuan tradisional dari buah Gambir ini hanya boleh 3 hari bagi yang tidak nifas atau habis melahirkan. Karena Apabila dikonsumsi oleh ibu ibu yang tidak sedang nifas dalam waktu lama maka takutnya rahim menjadi kering.

Manfaat lain dari buah Gambir adalah untuk menguat gigi. Di zaman dahulu nenek kita melakukan "nginang", saya tidak tahu apa bahasa "nginang "itu yang jelas mereka memakan suruh yang antara lain adalah daun sirih,enjet atau kapur sirih,Gambir. Semua yang saya sebutkan tadi di bungkus daun sirih dan kemudian dikunyah kunyah sehingga menghasilkan cairan ludah yang berwarna merah. Mereka jika sedang meludah warna jadi merah. Itulah yang membuat gigi dan gusi mereka menjadi kuat dan tidak mudah keropos.


Baca ya... mungkin berguna:
Jeruk nipis bisa buat promil lho bunda.... Baca yuk...!

Sekian  dulu postingan kali ini semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan Anda selamat bertemu kembali di lain waktu. Wassalam. See you....


Comments

Popular posts from this blog

Awet muda langsing dan sehat dengan teh hijau

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Khasiat kunyit bagi kesehatan