Empon Empon atau Bumbu Dapur yang kaya akan manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia

Assalamu'alaikum. Empon empon atau Bumbu Dapur yang kaya akan manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Itulah judul artikel kali ini. Sudah dari zaman nenek moyang kita di Nusantara atau di zamannya para nabi, empon empon sudah digunakan untuk membuat sedap masakan sekaligus untuk ramuan herbal atau tradisional untuk penyembuhan penyakit atau sekedar menjaga stamina tubuh. Makanya ibu ibu rumah tangga selalu beli empon empon ini.

Kunyit kuning

Kunyit kuning

Kunyit putih



Nah, apa sih empon empon itu? Empon Empon diambil dari bahasa Jawa. Aku tidak tahu apa arti yang sebenarnya. Akan tetapi yang aku tahu adalah ibuku menyuruh aku beli empon empon dan waktu aku melihat bungkusan tersebut ternyata isinya terdiri dari :
  • Lengkuas
  • Jahe
  • Kunyit
  • Serai
  • Daun salam
  • Daun jeruk
  • Kadang kadang juga ada kencur 
  • Dan kunci

Baca juga ya... mungkin berguna:



Dari situlah aku mengetahui arti ibu aku mengatakan empon empon. Dan aku mengambil kesimpulan sendiri. Dalam hatiku aku bilang...." Oh ternyata empon empon itu adalah Bumbu Dapur...".

Perhatikan saja saat kita memasak, selalu memakai empon empon atau bumbu dapur bukan?! Kalau membuat sayur dan tidak memakai bumbu dapur gimana rasanya bunda???? Kurang sedap bukan??? Itulah pentingnya empon empon atau bumbu dapur.

Jahe banyak sekali kandungan nutrisinya. Klik khasiat jahe disini. Membuat badan terasa lebih fit, menjaga stamina, tidak mudah lelah,di badan terasa segar dan hangat.  Kunyit mengandung banyak. curcuminnya Bisa menurunkan panas, menyembuhkan penyakit-penyakit dan melancarkan haid dan lain lain.

Lengkuas. Setahuku masak sayur apapun kalau tidak ada lengkuas terasa tidak sedap. Sama seperti daun salam. Harus ada di stok bumbu dapur. Dan sayur yang disantanin harus selalu memakai serai yang di geprek. Emmmm.... harus menggoda jiwa.....laper!!!

Itulah manfaat Empon empon atau bumbu dapur. Gimana sudahkah Anda tahu kegunaan Empon empon atau bumbu dapur ini??? Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Wassalamu'alaikum. Bye.  .

Comments

Popular posts from this blog

Awet muda langsing dan sehat dengan teh hijau

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Khasiat kunyit bagi kesehatan